Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

Published on

Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini

Inisiasi Menyusui Dini atau sering disebut sebagai IMD merupakan salah satu tahapan penting yang harus didapatkan oleh bayi segera setelah proses kelahiran. Proses ini diketahui membantu keberhasilan pemberian ASI eksklusif pada bayi. Saat ini, seluruh Rumah Sakit, Rumah Bersalin, Bidan, maupun dokter kandungan telah diwajibkan melaksanakan proses ini setiap kali membantu kelahiran bayi. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa inisiasi menyusui dini memberikan efek positif baik bagi ibu maupun bayinya.

Proses ini dilakukan dengan menempelkan bayi yang baru lahir ke atas perut ibu segera setelah bayi lahir tanpa harus menunggu bayi dibersihkan. Sentuhan kulit ibu dan kulit bayi akan merangsang tubuh ibu untuk menyesuaikan suhu dengan kebutuhan bayi. Proses ini membantu menurunkan resiko kematian bayi akibat kedinginan. Selain itu, dengan kedekatan antara ibu dan bayi yang terjalin dalam proses ini, baik ibu maupun bayi akan merasa lebih tenang, serta terjalin hubungan yang lebih erat antara ibu dan anak. Sentuhan bayi pada ibu juga akan merangsang produksi hormone oksitosin. Hormon ini membantu pengeluaran susu dari kelenjar susu ibu, sehingga kolostrum akan cepat dikeluarkan dan asi dewasa atau asi yang berwarna putih akan lebih cepat di produksi. Selain itu, hormone ini juga merangsang kontraksi rahim yang akan merangsang pengeluaran plasenta dari rahim ibu dan mengurangi resiko perdarahan pada ibu.

Naluri bayi untuk mengenali putting susu ibu pun akan bertambah, karena dalam proses inisiasi menyusui dini ini, bayi akan mencari-cari putting susu ibu secara alamiah akibat rangsangan bau yang keluar dari putting susu ibu. Segera setelah bayi menemukan putting susu, ia akan memasukkannnya kedalam mulut. Ketika putting susu menyentuh langit-langit mulut bayi, maka bayi dengan otomatis akan menghisap putting susu ibu. Hal ini juga akan merangsang pengeluaran asi. Proses ini juga membuat sang bayi mendapatkan kolostrum, yaitu asi pertama yang keluar, yang biasanya berwarna kekuningan dan sangat kaya dengan zat kekebalan tubuh untuk bayi. Setelah melakukan proses ini, kenyamanan dan kepercayaan diri ibu untuk menyusui bayinya akan meningkat. Hal-hal lain yang perlu diperhatikan untuk kenyamanan ibu dan bayi adalah posisi saat menyusui.

Itulah Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini (IMD) yang perlu bunda ketahui. Untuk informasi lebih lengkap seputar keluarga, ibu dan anak, parenting serta kesehatan, bunda bisa mengunjungi salah satu situs yang membahas semua hal tersebut yaitu cikimis.com.

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

To be informed of the latest articles, subscribe: