Apa Saja Penyebab Bayi Susah Gemuk?

Published on

Penyebab Bayi Susah Gemuk

Setiap orang tua yang baru saja mempunyai bayi pasti akan berharap bahwa bayi mereka bisa gemuk dan sehat. Namun adakalanya keinginan mereka itu tidak tercapai karena bahkan ketika sudah menginjak 2 bulan, si bayi masih tetap saja mempunyai bobot yang sama. Padahal, jika mengacu pada umur mereka, seharusnya bobot tubuh mereka bisa naik.

Oleh karena itu, orang tua khususnya ibu harus memperhatikan kondisi ini agar tumbuh kembang si bayi bisa berjalan normal, dan bobot bayi bisa bertambah, bayi menjadi gemuk dan tentunya sehat. Diperlukan perhatian yang khusus dari orang tua agar bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga penanganan yang tepat bisa segera dilakukan ketika bayi sudah terindikasi kekurangan nutrisi.

Pada dasarnya, ada beberapa penyebab bayi menjadi susah gemuk. Yang pertama adalah asupan nutrisi yang kurang. Pada bayi yang berumur 0-6 bulan, makanan utama mereka adalah ASI ibu. Apabila bayi pada usia ini masih belum juga bertambah bobotnya, hal ini bisa diakibatkan karena asupan nutrisi pada ASI yang diberikan si ibu pada bayi sangatlah kurang.

Oleh karena itu, untuk menanganinya, si ibu harus cukup mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi tinggi, dan yang pasti yang bisa memicu derasnya air susu ibu itu sendiri agar asupan nutrisi pada bayi bisa tercapai dengan baik. Ingat, apa yang akan dimakan ibu yang menyusui akan masuk kedalam tubuh bayi juga.

Oleh karena itu, si ibu harus pandai memilih makanan apa yang tepat bagi dia dan bayinya. Penyebab yang kedua adalah penyakit. Jika hal ini adalah penyebab dari kurusnya si bayi, maka solusi yang tepat yang harus dilakukan oleh si ibu adalah dengan cara membawanya ke dokter anak agar mendapatkan penanganan dan solusi yang tepat langsung dari dokter.

To be informed of the latest articles, subscribe: